on Leave a Comment

Siapakah Golongan Orang Munafik Menurut Al-Quran?

Sifat munafik, entah disadari atau tidak, ada dalam diri manusia. Dalam bahasa, pengertian munafik adalah orang yang suka berpura-pura. Menurut Islam, golongan munafik yaitu orang-orang yang dimulut mereka mengaku beriman kepada Allah tapi hati mereka mengingkari-Nya.

Disebutkan 3 tanda atau ciri-ciri orang munafik yaitu: apabila berbicara berdusta, apabila berjanji mengingkari dan apabila dipercaya berkhianat.  Salah satu surat dalam Al-Quran yang menjelaskan golongan orang munafik adalah surah Al-Baqarah: 8 - 20. Maksud surat & ayat tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
  1. Golongan munafik adalah orang yang mengaku beriman kepada Allah dan hari akhir, padahal sesungguhnya mereka bukanlah orang-orang yang beriman. Mereka menipu Allah dan orang-orang yang beriman padahal mereka hanyalah menipu diri sendiri tanpa mereka sadari.
  2. Dalam hati mereka ada penyakit hati (ragu & tidak yakin akan kebenaran) lalu Allah menambah penyakit itu dan mereka mendapat azab (hukuman) yang pedih karena berdusta.
  3. Apabila dikatakan kepada mereka untuk tidak berbuat kerusakan (melanggar nilai-nilai agama) di bumi, mereka menjawab bahwa sesungguhnya justru merekalah orang-orang yang melakukan perbaikan. Padahal merekalah yang berbuat kerusakan tetapi mereka tidak menyadari.
  4. Apabila dikatakan kepada mereka untuk beriman sebagaimana orang lain telah beriman, mereka menjawab bahwa orang yang beriman itu adalah orang-orang yang kurang akal. Sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang kurang akal tetapi mereka tidak tahu.
  5. Dan apabila mereka berjumpa dengan orang yang beriman, mereka menyatakan telah beriman. Tetapi apabila mereka kembali kepada setan-setan (para pemimpin) mereka, mereka berkata, " Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok-olok".
  6. Allah akan memperolok-olok mereka dan membiarkannya terombang-ambing dalam kesesatan. Mereka membeli kesesatan dengan petunjuk, maka perdagangan mereka tidak akan beruntung dan tidak akan mendapat petunjuk.
   Perumpamaan bagi orang munafik :
  1. Mereka seperti orang-orang yang menyalakan api, setelah menerangi sekelilingnya, Allah melenyapkan cahaya (yang menyinari) mereka dan membiarkannya dalam kegelapan, tidak dapat melihat. Mereka tuli, bisu, dan buta sehingga mereka tidak dapat kembali.
  2. Mereka seperti (orang yang ditimpa) hujan lebat dari langit, yang disertai kegelapan, petir, dan kilat. Mereka menyumbat telinga dengan jari-jarinya (menghindari) suara petir itu karena mereka takut mati.
  3. Hampir saja kilat itu menyambar penglihatan mereka. Setiap kali (kilat itu) menyinari, mereka berjalan di bawah (sinar) itu, dan apabila gelap menerpa mereka berhenti. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya Dia hilangkan pendengaran dan penglihatan mereka. Sungguh Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

0 komentar:

Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...