on Leave a Comment

Apakah Penghuni Surga Kekal Sama Seperti Tuhan Mereka?

Hadist shahih riwayat Bukhari & Muslim:
Dari Ibnu 'Umar RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Para penghuni surga masuk ke dalam surga dan para penghuni neraka memasuki neraka, kemudian berdirilah penyeru di antara keduanya seraya berseru, "Wahai penghuni neraka, tidak ada kematian bagi kalian. Wahai penghuni surga, tidak ada kematian bagi kalian. Tiap-tiap kalian akan kekal sebagaimana adanya di dalam kondisinya." (HR al-Bukhari dan Muslim & 'Abdu bin Humaid dan Ibnu Mardawah).

Sebagaimana dijelaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 28:
Bahwa manusia diciptakan Allah dari sesuatu yang mulanya tidak ada (mati) lalu Dia hidupkan, kemudian Dia mematikan manusia itu lalu Dia menghidupkan kembali sehingga manusia kembali kepada pencipta-Nya.

Dapat diketahui dari riwayat hadits shahih Bukhari & Muslim bahwa pada kehidupan manusia setelah mati (kembali kepada pencipta-Nya), terdapat manusia yang masuk surga dan neraka. Mereka kekal di dalamnya karena tidak ada kematian & selalu mendapatkan nikmat surga Allah. Menurut Islam, tingkatan tertinggi adalah surga Firdaus.

Demikian juga para penghuni neraka, tidak akan mengalami kematian walaupun kondisinya mendapat siksa yang berat dari malaikat-Nya. Kecuali Tuhan berkehendak lain, karena Allah Maha Berkehendak, Maha Pengampun, Maha Penyanyang, walaupun ada sedikit kebaikan di dunia, Insyaa Allah akan selalu dibalas dengan surga-Nya. Wallaahu a'lam.

0 komentar:

Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...